Contoh Pidato Hikmah Dan Pentingnya Menjaga Tali Silaturahmi Antar Umat Muslim

Contoh Pidato Hikmah dan Pentingnya Menjaga Tali Silaturami Antar Sesama Umat Muslim
Hikmah Dan Pentingya Menjaga Tali Silaturahmi. Selamat pagi sahabat semuanya, salam sehat selalu baiklah untuk kali ini kami akan berbagi Contoh Pidato dengan tema “Hikmah Dan Pentingnya Menjaga Tali Silaturahmi Antar Sesama Umat Mulsim” contoh pidato ini sering di gunakan untuk ajang perlombaan antar Sekolah dan sering menjadi Juara I,II dan III dengan membawakan pidato ini. Memang jika Pidato di bawakan dengan Ekspresi dan penjiwaan yang penuh penghayatan serta Artikulasi kata yang jelas tentu saja menjadi nilai lebih yang tersendiri bagi juri. Nah buat kalian yang sedang mencari Texs dengan Tema Pidato di atas di bawah ini silahkan kalian baca untuk di jadikan bahan referensi silahkan baca di bawah ini:
Hikmah dan Pentingnya Menjaga Tali Silaturami Antar Sesama Umat Muslim
Assalamualaikum Wr Wb.
Yang terhormat dewan juri, beserta teman-teman rahimakumullah

Silaturahmi adalah salah satu sunah yang selalu  dianjur kan oleh Nabi Muhammad SAW. Karena di dalam silaturahmi banyak sekali terkandung berbagai hikmah  dan keutamaan dari silaturahmi itu sendiri. Sebagai insan manusia yang dijadikan makhluk yang paling  sempurna  tentunya  berhubungan dengan manusia lain tak akan terlepas dari kehidupan sehari-hari. Tentunya Kita tak akan bisa hidup sendiri, karena pasti  akan selalu membutuhkan pertolongan dari orang lain.

Silaturahmi merupakan satu ciri dari akhlak sebagai seorang muslim. Allah SWT telah menyeru kepada hambanya berkaitan dengan menyambung tali silaturahmi di dalam kitab-Nya yang mulia. Diantara firman-Nya : “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain , dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu meenjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An Nissa’ :1)

Dari Abu Ayyub Al-Anshari r.a bahwa ada seseorang bertanya kepada Rasulullah. “Beritahukanlah kepadaku tentang 1 amalan yang memasukkan aku ke syurga. Seseorang berkata , “Ada apa dia?”. Rasulullah menjawab”Beribadahlah kamu kepada Allah,jngan kamu menyekutukan-Nya dengan suatu apapun,tegakkanlah sholat,tunaikan zakat dan bersilaturahmi lah(HR.Bukhari)

Silaturahmi merupakan ibadah yang sangat mulia,mudah dan membawa berkah. Kaum muslimin hendaknya tidak melalaikan dan melupakannya. Karena itu merupakan ibadah yang paling indah berhubungan dengan manusia,sehingga perlu meluangkan waktu untuk melaksanakan amal shalih ini.Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan dimuka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan?Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka,dibutakan-Nya penglihatan mereka.” (QS Muhammad:22-23)

PENTINGNYA SILATURAHMI
Mendapat ridho Allah: Dalam hadits Abu Hurairah sabda Rasulullah yang lain:”Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir,hendaklah bersilaturahmi.”Diluaskan rezekinya:”Barangsiapa yang senang dipanjangkan umurnya,diluaskan rezekinya,dam dijauhkan dari kematian yang buruk,maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyanmbung silaturahmi.”(HR Imam Bazar&Imam Hakim) Dikenang kebaikannya:”Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang perjuangannya,maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.”(HR Tirmidzi) 
Dipanjangkan umurnya
Khusnul Khotimah
Membuat orang yang dikunjungi bahagia. Hal ini sangat sesuai dengan sabda Rasulullah SAW  yaitu “Amal yang paling utama adalah membuat seseorang bahagia.”
Kunci masuk syurga: Apakah ada yang tahu apa balasan bagi orang yang memutuskan tali silaturahm? Tidak akan masuk syurga orang yang memutuskan tali silaturahmi(HR Muslim)
Penyebab datangnya hidayah
Hadits dari Asma binti Abu Bakar As-Shiddiq,dia mengatakan,”Ibuku dating dalam keadaan masih musyrik,diwaktu perjanjian damai yang disepakati kaum Quraisy. Maka aku datang dan bertanya kepada Rasulullah,”Wahai Rasulullah ,ibuku datang dan ia ingin berbuat baik. Bolehkah aku brbuat baik kepadanya?” Rasulullah bekata ,’Ya,berbuat baiklah kepada ibumu.”[HR Bukhari(5978)&Muslim(2322)]

Jadi jelas,bahwa berbuat baik kepada setiap orang adalah suatu hal yang disyariatkan,meskipun dia non muslim.Dengan syarat,dia bukan orang yang memerangi agama kita dan tentunya tidak ada loyalitas dalam hati kita tehadap agamanya.Justru kita harapkan dngn sikap dan perilaku kta yang baik terhadap orang semacam ini,menjadi sebab datangnya hidayah dalam hati kita.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan,kurang lebihnya saya mohon maaf kepada Allah saya mohon ampun. Saya akhiri Nuun walqalami wama yasyturun Fastabiqul Khairats.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hikmah Dan Pentingnya Menjaga Tali Silaturahmi Antar Umat Muslim
Demikian Contoh Pidato kali ini semoga bermanfaat semoga kalian menjadi juara dalam mengikuti perlombaan, Jika tidak menjadi Juara pun harus tetap semangat masih ada hari Esok dan masa depan yang indah dari hari ini. Jadi tetap semangat karena kegagalan adalah awal dari keberhasilan yang tertunda .