Contoh Lengkap Pengertian Explanation Text , Analytical Exposition Text


Contoh Lengkap Pengertian Explanation Text , Analytical Exposition Text   
Contoh Lengkap Pengertian Explanation Text , Analytical Exposition Text   
1. A. Pengertian Analytical Exposition Text

   Analytical exposition text adalah jenis teks yang termasuk ke dalam jenis Argumentation Text dimana teks tersebut berisi tentang pemikiran terperinci penulis tentang sebuah kejadian atau peristiwa yang ada di sekitar.

B. Tujuan Komunikatif Analytical Exposition Text

    Tujuan komunikatif dari analytical exposition text adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang dihadirkan adalah topik yang penting untuk dibahas atau mendapat perhatian dengan cara pemberian argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok atau topik tersebut.

C. Struktur Kebahasaan Analytical Exposition

  Struktur kebahasaan analytical exposition text terdiri dari tiga bagian yaitu:

• Thesis
Di bagian Thesis, penulis memperkenalkan topik atau ide pokok yang akan dibahas. Thesis selalu berada di paragraf pertama dalam analytical exposition text.

• Argument
Di bagian ini penulis menghadirkan argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok penulis teks tersebut. Biasanya dalam sebuah analytical exposition text terdapat lebih dari dua argumen. Semakin banyak argumen yang ditampilkan, semakin membuat pembaca percaya bahwa topik yang dibahas oleh penulis adalah topik yang sangat penting atau membutuhkan perhatian.

• Reiteration
Bagian ini merupakan bagian penutup dari sebuah analytical exposition text yang selalu terletak di akhir paragraf. Reiteration berisi penulisan kembali atau penempatan kembali ide pokok yang terdapat di paragraf pertama. Reiteration juga biasa disebut dengan conclusion atau kesimpulan.

D. Ciri Kebahasaan Analytical Exposition

      Dalam sebuah analytical exposition text, terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan seperti di bawah ini, yaitu:
menggunakan simple present
mengunakan reltional process
menggunakan internal conjunction
menggunakan casual conjuction

E. Contoh Analytical Exposition  Text

     Untuk melengkapi dan memperkuat pemahaman anda mengenai analytical exposition text, sengaja penulis sertakan contoh beserta terjemahan seperti berikut ini.

Cars Should Be Banned

(Thesis)
    Cars should be banned in the city. As we all know, cars create pollution, and cause a lot of road deaths and other accidents.

(Argument 1)
    Firstly, cars, as we all know, give contribution to the most of the pollution in the world. Cars emit deadly gas that causes illness such as bronchitis, lung cancer, and ‘triggers’ off asthma. Some of these illnesses are so bad that people can die from them.

(Argument 2)
   Secondly, the city is very busy. Pedestrians wander everywhere and cars commonly hit pedestrains in the city, which causes them to die. Cars today are our roads biggest killers.

(Argument 3)
    Thirdly, cars are very noisy. If you live in the city, you may find it hard to sleep at night, or to concentrate on your homework, and especially when you talk to someone.

(Reiteration)
    In conclusion, cars should be benned from the city for the reason listed.

Terjemahan:

   Mobil harus dilarang di kota. Seperti yang kita ketahui, mobil membuat polisi dan membuat banyak kematian di jalan dan kecelakaan.

    Pertama, mobil, sebagai mana kita ketahui, menyumbang polusi terbanyak di dunia. Mobil mengeluarkan gas mematikan yang menyebabkan penyakit seperti bronchitis, kanker paru-paru, dan pemicu asthma. Beberapa penyakit tersebut sangatlah buruk bagi manusia yang bisa menyebabkan kematian.

    Yang kedua, kota sangatlah sibuk. Pejalan kaki berjalan ke mana-mana dan mobil umumnya menabrak pejalan kaki di kota, yang menyebabkan kematian. Mobil hari ini adalah pembunuh terbesar di jalan.

    Yang ketiga, mobil sangatlah berisik. Jika kamu tinggal di kota, kamu mungkin akan menjumpai sangat lah susah untuk tidur di malam hari atau untuk berkonsentrasi pada pekerjaan rumah kalian, dan khususnya ketika kamu berbicara kepada seseorang.

    Kesimpulannya, mobil harus dilarang dari kota berdasarkan alasan tersebut.

1.Pengertian Explanation Text Beserta Contohnya
A. Pengertian Explanation Text

       Explanation text dalam bahasa inggris adalah teks yang menjelaskan terjadinya suatu peristiwa secara jelas dan lengkap, dan terinci.

Generic Structure Explanation Text

• Tittle : judul atau tema yang akan kita jelaskan.
• Definition : definisi terhadap text tersebut.
• Description : deskripsi terhadap sesuatu hal tersebut
• Process : ypenjelasan mengenai proses yang terjadi.
• Application : berisi pengaplikasian nya atau penerapanya.

B. Contoh Explanation Text

     Flooding is a disaster which commonly happens in large and densely populated cities. In Indonesia, the floods hit Jakarta very often and cause many victims. Then, do you know the process of how flood happens? Pay attention to the following explanation.

  The process of natural flooding is preceded by rain which falls to the surface of the earth. Then the rain water is absorbed by the ground surface and flows to the lower place. Once that condition happens, evaporation and the water appear to the surface of the land. Flooding can be disastrous for humans when floods happen in an area that people live because the water carries along objects like houses, bridges, cars, furniture and even people.

     On the other hand, the process of non natural flooding is usually caused by bad habits of humans who do not care about the environment, such as littering that can make water flow clogged. This makes the water deposited in landfills which gradually becomes more common. When water reservoirs can no longer hold water discharge, the water then overflows out theland and cause flooding.

Artinya:

   Banjir adalah bencana yang sangat sering terjadi di kota-kota besar padat penduduk. Di Indonesia, banjir sangat sering melanda kota Jakarta dan seringkali menelan banyak korban. Lalu, tahukah anda bagaimana proses terjadinya banjir? Perhatikan penjelasan berikut ini.
   
 Proses terjadinya banjir secara alamiah itu diawali dengan turunnya hujan yang jatuh ke permukaan bumi. Kemudian air hujan tersebut masuk kepermukaan tanah dan mengalir ketempat yang lebih rendah. Setelah itu terjadi penguapan dan air tersebut keluar kepermukaan daratan. Banjir yang terjadi secara almiah dapat menjadi bencana bagi manusia ketika banjir melanda tempat tinggal mereka karena air bah menyeret benda-benda seperti rumah, jembatan, perabotan, dan bahkan manusia.
     Di sisi lain, proses terjadinya banjir secara non alamiah biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk manusia yang tidak perduli lingkungan seperti,membuang sampah tidak pada tempatnya sehingga menyebabkan aliran air tersumbat. Hal tersebut menyebabkan air tersebut tertampung di tempat pembuangan yang semakin lama semakin banyak. Saat penampungan air tak mampu lagi menahan debit air, maka air meluap keluar sehingga mengenai daratan dan menyebabkan banjir.Berikutnya > >