Tips Cara Berpidato Atau Memberikan Sambutan Di Depan Umum


Tips Cara Berpidato Memberikan Atau Sambutan Di Depan Umum
Tips Cara Berpidato Memberikan Sambutan Di Depan Umum, Selamat pagi dan jumpa kembali pada postingan kali ini kami akan berbagi tips cara berpidato atau memberikan sambutan didepan umum. Tips yang kami berikan dibawah ini wajib sobat coba karena penulis sendiri hingga saat ini masih menggunakan cara dibawah ini untuk memberikan pidato atau sambutan di dalam sebuah acara baik itu acara keluarga ataupun acara resmi di sekolah. Nah buat sobat  yang ingin mengetahuinya silahkan simak ulasannya berikut ini:
"pidato"

Kunjungi juga:
Contoh pidato bahasa inggris dan terjemahannya
Contoh lengkap pidato bahasa Indonesia

Kali ini, saya sekedar ingin berbagi tips dan trik untuk adik-adik saat berpidato atau menyampaikan sambutan :
1. usahakan teks pidato dihapal (tidak dibaca), sehingga terlihat lebih lentur (tidak kaku).
2. berlatihlah di depan cermin untuk mengeksplorasi keterampilan berbicara. termasuk pemilihan gesture (gerakan) dan intonasi (tinggi rendah suara).
3. interaksi mata (contact eyes).
jangan menunduk, atau hanya memandang pada satu titik saja ketika berpidato. pandanglah semua hadirin secara menyeluruh untuk menguasai audiens.
4. lakukan latihan secara berulang hingga benar-benar lancar. bila perlu, ajak teman dan kerabat terdekat ketika latihan agar menghindari nervous di hari H.
5. (A smile is the light in your window that tells others that there is a caring and sharing, –Denis Waitley).
artinya: senyum seperti cahaya di jendela yang memberitahu oranglain ada perhatian dan keinginan berbagi. Hal kecil tapi penting. senyum adalah salahsatu cara jitu untuk mendapatkan empati dari audiens.
6. Kesan pertama yang memesona…

Salam menjadi indikator apakah pidato yang disampaikan akan ‘menarik’ atau tidak. misal, jika menggunakan “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” atau “Selamat Pagi para Hadirin” maka katakan dengan PD (percaya diri) dan Lantang. tidak perlu teriak berlebihan, intinya salam pembuka harus diucapkan dengan J.e.l.a.s. dan K.e.r.a.s.
7. berdoa pada Tuhan YME, dan jangan lupa meminta restu dari orangtua sebelum naik mimbar.
oke adik-adik pembaca, goodluck ya. semoga berhasil.


Tips Cara Berpidato Memberikan Sambutan Di Depan Umum. Nah itulah tadi tips yang kami berikan diatas semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk yang sedang membutuhkan. sampai jumpa pada postingan berikutnya.