Contoh Pidato Ketua KPPS Pemilu 2024 Lengkap

Contoh Pidato Ketua KPPS Pemilu 2024 Lengkap

Contoh Pidato Ketua KPPS Pemilu 2024 Lengkap. Pidato Pembukaan Ketua KPPS Pemili 2024.Pidato pembukaan merupakan pidato yang disampaikan oleh ketua panitia atau ketua acara sebelum memulai sebuah acara. Dalam pidato biasanya mereka akan menjelaskan dan menjabarkan sedikit tentang acara, tujuan dan prosesnya. Pidato pembukaan ini dapat dibutuhkan dalam acara resmi maupun non-resmi.

Pembahasan

Ciri Pidato Pembukaan, Memiliki sebuah pembicaraan singkat terkait tujuan acara. Mengandung kata sambutan bagi acara, tamu penting dan peserta. Memiliki ajakan kepada para peserta acara. Menggunakan intonasi (tinggi rendah nada), artikulasi (kejelasan pelafalan), dan volume yang jelas (kuat lemah pengucapan).

Unsur Penting Pidato Pembukaan

Mencantumkan rasa syukur atas terlaksananya acara. Memberikan sambutan hangat bagi para peserta dan tamu penting. Memohon perhatian para peserta selama acara dan mengikuti aturan. Meminta maaf atas kesalahan yang dapat terjadi selama acara.

Berikut ini adalah Contoh Pidato Ketua KPPS di TPS

Assalamualaikum warakhmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat, para warga negara Indonesia yang telah hadir dalam pembukaan pemilu 2024 hari ini. Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya, sehingga kita semua dapat berkumpul di kegiatan pemungutan dan perhitungan suara pemilihan umum 2024.

Pada hari ini, tanggal 14 Februari 2024 dengan kehadiran seluruh saksi dan pemilih, maka rapat pemilihan dan perhitungan suara 2024 dinyatakan dibuka. Sebelum masuk ke kegiatan utama, akan dilaksanakan pengambilan sumpah janji KPPS.

Kunjungi juga :Contoh pembukaan pidato mukadimah

Berikutnya, para saksi yang hadir juga diwajibkan untuk menyerahkan surat mandat. Terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi selama proses pemungutan dan perhitungan suara pemilu 2024 yang telah disampaikan sebelumnya.

Selain itu, penting untuk diperharikan bahwa hanya saksi dengan surat mandat yang telah bertanda tangan Tim Kemenangan atau pihak parpol pemilu 2024 yang diperbolehkan masuk.

Terakhir, tujuan dari pemungutan suara ini adalah memilih presiden dan wakil presiden dengan cara mencoblos suara yang telah disediakan. Selain itu, terdapat juga pemungutan suara untuk Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten atau Kota.

Sekian, hal yang dapat saya sampaikan dalam pembukaan kali ini. Saya berharap pemungutan dan perhitungan suara nantinya berjalan dengan tertib tanpa adanya kecurangan apapun. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh pidato pembukaan ketua KPPS pemilu 2024 lengkap beserta penjelasanya yang dapat dijadikan referensi. Semoga bermanfaat, kunjungi contoh pidato lainya melalui link yang telah kami berikan.