Contoh Ceramah Tingkat SD Tema Keistimewaan Bulan Ramadhan


Contoh Ceramah Tingkat SD Tema Keistimewaan Bulan Ramadhan
Contoh Ceramah Tingkat SD Tema Keistimewaan Bulan Ramadhan,Pada kesempatan yang baik ini seperti judul postingan diatas kami akan berbagi contoh ceramah untuk tingkat SD dengan judul Keistimewaan Bulan Ramadhan, contoh ceramah yang kami berikan dibawah ini kami kutip bari beberapa sumber media online. Jadi alangkah baiknya jika ingin menggunakan contoh cermah ini ada baiknya diteliti dan di baca terlebih dahulu karena tidak menutup kemungkinan terdapat kesalahan dalam hal penulisan dan lain sebagainya selngkapnya berikut dibawah ini:

"ramadhan"

Kunjungi juga:
Tips cara berpidato
Contoh pidato bahasa Indonesia
Contoh pidato tema kenakalan remaja

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Alhamdulillah, alhamdulillahirobil’alamiin. Assholatuwassa mu’ala asrofil ambiya iwalmursalin saydina muhammadin wa’ala alihi ajmain, ammaba’du !
Yang saya hormati bapak dan ibu sekalian serta teman-teman kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan oleh Allah swt.

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat allah swt, yang telah memberikan kekuatan dan kesehatan terutama nikmat iman dan islam sehingga kita dapat bertemu dan berkumpul ditempat dan waktu yang penuh berkah ini. Kemudian marilah kita haturkan sholawat beriring salam keharibaan penghulu kita rasulullah muhammad saw, kepada  keluarga,nya, sahabat serta seluruh umatnya yang setia hingga akhir zaman, amiin ya robb’alamiin.

Kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan oleh Allah.
Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan ceramah saya ini yang berjudul:   Keistimewaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramdhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan, pada bulan tersebut kaum muslimim diwajibkannya untuk melaksanakan puasa satu bulan penuh. Puasa Ramadhan merupakan rukun yang keempat dari rukun-rukun Islam dan merupakan pondasi Islam yang agung yang didalamnya sangat banyak sekali keistimewaan-keistimewaannya yang tidak terdapat pada bulan-bulan yang lain.

Rasulullah bersabda :
Artinya: “Andai kata manusia mengetahuai keistimewaan atau bulan Ramadhan karena pahala yang berlipat ganda, maka sungguh umatku mengharapkan setahun ini agar menjadi bulan Ramdahan seluruhnya.” (H.R.Tabrani)

Di antara keistimewaan dan keutamaan bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:
1.   Bulan Ramadhan disebut juga Syahrul Qur’an (Bulan Turunnya Al Qur’an)
Di bulan Ramadhan diturunkanya Kitab Suci Al Qur’an yang merupakan petunjuk bagi umat manusia merupakan mukjizat terbesar bagi Rasulullah. Allah Berfirman:
Yang Artinya: “Pada bulan Ramadhan, diturunkannya kitab suci  Al Qur’an untuk menjadikan petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan bagi petunjuk itu, dan untuk menjadi garis pemisah (antara yang hak dan yang batil)” (Q.S Al Baqarah: 185)    
2.Bulan Ramadhan disebut juga Syahrul Fath (Bulan Kemenangan)
Suatu peristiwa bersejarah dalam perjuangan dan perkembangan agama islam, dimana peristiwa kemenangan yang terjadi pada bulan Ramadhan diantaranya:
a.Kemenangan atas kota Mekah pada 8 H
b.Perang Badar terjadi pada tanggal 17 Ramadhan
c.Perang Tabuk, adalah perang terakhir yang dipimpin oleh Rasulullah pada tahun ke 9 H
d.Penaklukan Spanyol dibawah pimpinan Thariq bin Zial

3.Bulan Ramadhan disebut juga Syahrul Ibadah (Bulan Ibadah)
Ibadah puasa Ramadhan mempunyai kedudukan istimewa di sisi Allah swt, sebagaimana sabda Rasulullah saw :
Artinya: “semua kebajikan anak Adam dilipatgandakan kebaikannya (pahalanya) dari 10 samapai 700 kali, kecuali puasa, Allah berfirman: adapun ibadah puasa adalah untuk-Ku dan aku (langsung) yang akan memberikan pahalanya.”  (H.R Muslim)

4.Bulan Ramadhan disebut juga Syahrul Ghufran (Bulan Ampunan)
Di dalam Bulan Ramadhan Allah swt akan mengampuni setiap dosa yang pernah diperbuat oleh setiap hambaNya apabila benar-benar memohon ampunan kepada Allah swt. Rasulullah bersabda:
Artinya: “Barang siapa yang melakukan puasa Ramadhan dengan iman dan mengharapkan Ridha-Nya, maka diampuni dosa-dosanya yang lalu.”  (H.R. Ashabus Sunan)

5.Bulan Ramadhan disebut juga Syahrul Jihad (Bulan Jihad)
Jihad adalah bersungguh-sungguh (berjuang). Seseorang yang sedang berpuasa berarti berjuang menentang kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari yaitu menahan diri dari makan, minum dan bersenggama disiang hari selama satu bulan. Rasulullah saw, bersabda:
Artinya: “Berjihadlah kamu menentang lapar dan dahaga, karena pahalanya sama seperti pahala orang yang berjihad pada jalan Allah swt (Sabilillah). Tidak ada satu amal yang paling dicintai Allah, kecuali lapar dan dahaga.”

Teman-teman kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan oleh allah .
Demikianlah ceramah singkat yang saya sampaikan, semoga kiranya mengandung hikmah bagi kita semua, dan apabila ada perkataan yang kurang berkenan di hati kaum muslimin saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan hanya kepada allah saya mohon ampun amiin ya robbal’alamiin.
Akhirulkalam wassalamu’alaikum wr. Wb.

Contoh Ceramah Tingkat SD Tema Keistimewaan Bulan Ramadhan. demikiianlah jumpa kita kali ini semoga apa yang kami berikan diatas dapat berguna dan juga bermanfaat, selalu kunjungi situs ini untuk mendapatkan contoh ceramah terbaru lainnya sekian dan terimakasih.